mebuat nasi liwet menggunakan rice cooker

nasi liwet…….???
hmmm…. itu adalah salah satu varian nasi yg nikmat, d beberapa daerah banyak versinya, misalnya saja nasi liwet versi jawa tentu berbeda dengan nasi liwet versi sunda
kalo versi jawa pake santan, lauknya juga beda, pake ayam suwir, santen labu, dan sebagainya
kalo nasi liwet sunda gak pake santen, cuma pake minyak, bawang, cabe rawit, dimasak pake katel dengan api kecil
lauknya juga biasanya hanya goreng-gorengan bisa ayam, ikan, tempe, sama lalapan

nah, kita coba buat nasi liwet versi sunda dengan cara sederhana yukk
ga punya katel? ga usah khawatir, kita buat menggunakan rice cooker, seperti yang saya buat ini, saya buatnya di kantor, buat makan siang rame-rame, kebetulan ada rice cooker d kantor, jadi kalo makan siang cukup beli lauknya aja, nasi kan ‘ngaliwet sendiri’ biar hemat a.k.a ngirit di jaman susah ini, hahaha
yukksss

bahan-bahan
– beras
– air
– cabe rawit
– bawang merah
– garam
– daun salam
– batang sereh
– minyak goreng/mentega
– daun bawang
– penyedap rasa, royco, masako, atau yang lain (bila suka)

cara membuat:
1. bawang merah dan potong daun bawang dengan kira-kira oanjang 1 cm
2. potong juga cabe rawit, bila tidak suka pedas cukup d tabur aja gelondongan
3. cuci bersih beras, masukan air, kedalam rice cooker, sama aja kaya mau masak nasi biasa, masukan bawang merah dan daun bawang yang udah dipotong-potong, cabe rawit, se sendok minyak goreng (atau mentega bila suka *kalo mentega ya yang banyak, wkwkwkw), sedikit garam, daun salam, batang sereh (geprek dulu biar aromanya keluar)
4. ceklekin rice cooker ke mode ‘cook’, tunggu sampe mateng,
5. taraaaa nasi liwetnya udah jadi, aroma sereh dan daun salamnya hmmmmmmm

WhatsApp Image 2017-07-28 at 9.53.17 AM

hmmmmm, wanginya bikin laperrr, o a o e

selanjutnya, ya tinggal kita cari lauknya, kalo ini mah suka-suka ya, terserah mau apa, ikan goreng, ayam goreng, sayur,ย  atau apalahh
jangan lupa sambel sama lalapannya yaa, ga afdhol rasanya makan tanpa sambel dan alalpan kalo kata orang sunda mah
hahaha

20293150_10203534114989305_200613838008471345_n

ini d kantor lohh, enak kan kantor saya, wwkwkwkw

note:
untuk yang pengen pake ikan asin, cukup tambahkan ikan asin (peda) goreng d atas nasinya saat nasi sudah mau mateng tapi belum mateng, duhh, apa ya bahasanya, ya pokoknya gitu deh, wkwkwkw

Touring ke Sawarna [Lagi]

ahhh setelah sekian lama gak jalan jalan naek motor, kemaren berkesempatan lagi buat touring jalan jalan sama anak anak kantor, yaahh karena proposal gathering resminya gak di acc mulu sama penguus, yasuddahlah akirnya kita kita yang masih muda dan berbadan sehat jiwa serta raga berinisiatip touring sendiri untuk melepas penat :mrgreen:
akan tetapi meskipun bukan acara resmi kantor, tapi tetep ke kantor ngajuin proposal dana dan alhamdulillah cair, cair bro cair, jad deh turing d bayarin ngoahaha ๐Ÿ‘ฟIMG_4766

berangkat hari sabtu pagi jam 7 [molor 1 jam dari jadwal] biasa lah oran indonesia, hehe, yang berangkat ‘cuma’ 9 orang dengan 8 motor dari sekitar 15 orang rencananya, biarin lah kan duitnya jadi longgar, hahaha ๐Ÿ‘ฟ
rute seperti yang dulu saya pernah turing ke sawarna juga, dari cawang ke jl raya bogor, sentul, bukit pelangi, jalan raya sukabmi-bogor, cikidang, pelabuhan ratu lalu lanjut ke sawarna.

IMG_4917

karena ini yang dibawa bukan anak anak klub yang hobi turing tapi anak anak kantor yang biasanya cuma naek motor di jakarta ya jadinya perjalanannya lama, plus banyak istirahat di sana sini karena banyak yang shock lihat jalurnya terutama tanjakan turunan serta tikungannya yang kata mereka setajam silet ๐Ÿ˜Ž . jam setengah lima baru sampai di sawarna, langsung deh cari saung untuk disewa buat menginap malemnya..

Jadi RC :cool:

Jadi RC ๐Ÿ˜Ž

bersambung yakk :p

Tumis tahu leunca

masak lagi yukkk
yaa namanya anak kosan di perantauan harus bisa asak sendiri donk,,,,
nah masak yang murah meriah n gampang-gampang aja yukk
kita masak leunca, yakk pada tau gak apa itu leunca, itu lho sejenis sayuran yang mirip cekokak bulet-bulet kecil-kecil warna ijo..
yang kayak gini lhoo…..

nah leunca ini enak buat lalapan, atau dimasak sama oncom dibikin sambel, jossss rasanya, tapi mending kita tumis aja yukk buat variasi :p

bahan bahannya
Tahu kulit/tahu mateng potong potong sesuai selera
leunca pritilin [apa bahasa indonesianya yakk ? ] lalu cuci

bumbu
bawang merah iris tipis
bawang putih
garam
sedikiiiitt jahe
kencur
terasi
cabe
gula merah
saus tiram botolan

cara masaknya, ya tumis dulu bawang merah, lalu masukan semua bumbu yang udah diulek, tunggu hingga harum, masukan tahu, masukan leunca, tambahkan gula serta saus tiram sebagai penyedap rasa

nah si leunca ini masukinnya pas udah mau mateng, biar sensasi dari makan leuncanya itu dapet, rasanya mak pluss gitu enak deh, saya kalo makan pake ini pasti minimal 2 piring, hahaha
yukk ke dapur, laper saiahh

nyaaammmm :)

nyaaammmm ๐Ÿ™‚

Buat sendiri mahar perkawinanmu

hai hai hai….. maaf yak kemaren bis cuti lama, soalnya ada acara penting dan spesial buat saya, yaitu me ni kah [ ciyee ciyee yang udah merit ciyeee :mrgreen: ]
yaa alhamdulillah kemarin hari rabu tgl 28 Mei 2014 saya melangsungkan pernikahan saya dengan seorang gadis tasik tjantik jelita ๐Ÿ™‚ bernama Fitria jayanti, alhamdulillah pula acaranya lantjar djaya tanpa kendala apapun, dan bahkan saya mengucapkan ijab sekali jadi, yeaahhh ๐Ÿ˜Ž
mohon doanya ya sedulur semua semoga pernikahan kami langgeng, dikaruniai putra serta putri yang sholeh n sholehah serta dimudahkan segala urusannya amin….

udah ahh ngomongin nikahnya, jadi gini, kalo mau nikahan kan harus pake mahar ya, dan biasanya berupa barang/uang/perhiasan ataupun ketiganya, dan jika ada uangnya, biasanya uang mahar tersebut dihias, [ gak lucu donk ngasih mahar duit segepok, mending kalo banyak, lha kalo sedikit :p ]
nah ini sekedar cerita aja, kalo ngerias uang begitu dengan pigura dan tetek bengeknya itu kan lumayan mahal yaa, lalu kenapa kita gak mencoba bikin sendiri, sekalian ngirit budget, kan jadi lebih keren kalo hasil kreasi sendiri, udh gitu kalo bikin sendiri kan gak melulu gambar mesjid :p


kemarin mahar pernikahan saya saya buat sendiri [ sebenarnya bukan saya yg buat, tapi meine sist saya atau adik perempuan sayah ๐Ÿ™‚ ] hehe bahan yang diperlukan cuma pigura, kertas2 origami, serta dedaunan kering,ย  serta lem. biayanya gak lebih dari 100 ribu koq, cuma piguranya aja yang mahal, wekekeke
cara buatnya, yaa tinggal dibikin dan dikreasikan aja sesuka hati, tempel sana tempel sini biar keliatan cakep, hehehe
kasih foto pas prewedd atau foto sebelum nikaha atau masa pacaran biar tambah keren itu punya kita, [emang ada yg pinjem gitu ]hehehe
jadinya kayak apa? ya kaya gini lah kira-kira, cakep kan, murah pulak… hehehe

hehe, keren kan mayan ngirit, haha

hehe, keren kan
mayan ngirit, haha

udah dulu yaa, buat yang masih jomblo, cari pacar dulu sanah, lalu ajakin nikah biar tahu rasanya, atau yang udah lama pacaran, buruan lamar, pacaran koq kayak kredit rumah sampe bertahun-tahun, aighihihihi :mrgreen:
semoga yang masih jomblo seera dapet pasangan yaaa, amin…
special thanks to : Meine Sist Yuii Yuliani Suprapti ๐Ÿ™‚

Memasak mie rebus ala tukang nasi goreng

bikin mie rebus? what, yaelahhh vroohh anak kecil juga bisa keleess
eits, tunggu dulu, ini yang beda vrohh, sekedar share aja bagi yang pengen mie rebusnya terasa ‘lain’ dari biasanya

yak, seperti yang kita ketahui pada umumnya, memasak mie rebus itu guampaang bgt, tinggal rebus air, masukin telor, mie, sayuran dll kasih bumbu, beres dahh. ini kaya yang biasa di burjonan atau warung kopi pada umumnya…
pernah beli mie rebus di tukang nasi goreng? beda kan caranya, kayak apa sih? yuk kita masak ๐Ÿ˜‰

pertama tama adalah kita menyiapkan wajan, jangan pake panci, gak bisa,
kedua, dengan wajan tersebut goreng telur dengan sedikit sekali minyak dan kocok [ di orak-arik ]
nah setelah telurnya mateng, tambahkan air matang ke wajan tersebut, yak langsung aja siram, makanya pas goreng telurnya minyakย  nya jangan banyak banyakk
tambahkan sayuran [ kol, sawi, daun bawang, cabe, wortel, kentang, dll , tentunya bila suka ya, ] ini mau bikin mie apa sop seh, hahaha :mrgren:
setelah air mendidih , masukan mie,
setelah mie nya matang, masukan bumbunya,
aduk bentar,
sajikan panas

memasak mie rebus dengan cara ala tukang nasi goreng ini beda, rasanya akan lebih gurih dan sedepp
gak percaya, cobain ajjah

maaf gambarnya dari gugel, lupa dipoto saking lapernyah, wkwkwk :mrgreen:

sambel tutug oncom tasikmalaya

belajar masak yukkk, yahh itung itung berbagi informasi bagi yang belum tau, atau berbagi resep,? gak papa kan… biar ada warnanya ini blog, gak melulu motor hehe

nah belajar bikin tutug oncom yukk, bagi yang belum tau tutug oncom itu apa, tak jelasin dikit ya berdasar sepengetahuan saya..

Tutug Oncom itu adalah makanan [khas] dari tasikmalaya, umumnya makanan ini dikenal di wilayah priangan timur [ tasik, banjar ciamis] bahan dasarnya yaitu Oncom, nah aslinya tutug oncom itu dicampur nasi, diaduk, jadi deh namanya nasi tutug oncom.

nasi tutug oncom

nasi tutug oncom

apa aja bahan-bahannya,dan bagaimana cara membuatnya? cekidot

  1. Oncom [ bisa Oncom bandung (kacang tanah) maupun Oncom biasa ( ampas tahu, tempe gembus/mbus/menjes *jawa ) tapi paling enak sih emang pake Oncom bandung yang bahan dasarnya kacang tanah
  2. bawang merah
  3. bawang putih
  4. kemiri
  5. kencur / cikur
  6. cabe rawit [ cabe merah juga bisa atau cabe keriting, yang penting pedas, hehe ]
  7. garam
  8. sedikit daun bawang
  9. minyak untuk menggoreng
  10. terasi
  11. penyedap rasa jika perlu
    untuk takarannya disesuaikan saja lah, sekira kiranya berapa, hehehe :mrgreen:

Oncom

cara memasak :

  1. potong oncom menjadi beberapa bagian, yahh anggap aja kaya mau goreng tempe,
  2. goreng oncom sampai kira-kira setengah atau 3/4 matang, angkat dan tiriskan
  3. haluskan semua bumbu [kecuali daun bawang] [ goreng dulu biar gampang nguleknya ]
  4. ulek kasar oncom yang tadi digoreng, jangan terlalu halus biar masih ada tekstur oncomnya
  5. tumis bumbu yang tadi dihaluskan, masukan juga oncom yang tadi di ulek, masukan juga daun bawang yang sudah diiris kecil-kecil
  6. tambahkan penyedap rasa jika suka,
  7. aduk aduk sampai matang,

nah sambel tutug oncom ini bisa dicampur dengan nasi [diaduk] atau juga sebagai pelengkap seperti sambel pada umumnya.ย  sajikan dengan lalapan [mentimun, leunca, kol, daun kemangi atau apalah yang disuka dan yang ada :mrgreen: ] kalo kurang pedas, bisa ditambah lagi dengan sambel terasi atau sambel korek. paling enak sih makan tutug oncom dengan mendoan atau goreng tempe, lalapan leunca dan sambel korek, hmmm josss…..

selamat menikmati

baca juga : https://at0zz.wordpress.com/2012/07/12/nyobain-nasi-tutug-oncom-to-tasikmalaya/

tutug oncom dadaha

tutug oncom dadaha

 

 

New Honda Supra x 125 PGM FI

oke, sesuai janji kemarin yang katanya mau nyobain new Honda Supra X 125 terbaru, alias Supra x 125 injeksi [ bukan yang helm in] pengganti supra x 125 karbu. bertempat di area bumi perkemahan cibubur bareng rekan rekan blogger lain, acaranya seru vrohh, yaahh khas blogger lah, ruamee

udah pada tau kan kayak apa motornya, udah donk, lha wong kemaren juga udah dipajang, hehe kalo lupa nih tak tampilin yang asli jepretan sayah, hehe

cakep yakk kayak punya smash :mrgreen:

cakep yakk kayak punya smash :mrgreen:

kayak apa impresinya, ini subjektif menurut saya lho ya, secara fisik jauh lebih bagus ketimbang yang lawas [karbu] juga kalo dibandingin sama yang helm in yang bantet itu, jelas lebih milih ini, bodynya ramping, rearlampnya cakep, legshieldnya keren, ramping 3D, apalgi warnanya pake dualtone gitu, cakep deh, headlamp masih sama pake dua lampu, tapi yang ini lebih runcing, pokoknya menurut saya lebih bagus ketimbang yang lawas maupun yang helm in, salut deh

apa aja yang baru dan yang ditawarkan di motor ini, khususnya ketimbang yang lama,? banyak vrohh

  • mesin jadi injeksi, step 5 malah [koreksi kalo salah ya], kompresi naik,ย  cc nya naik dikit, jadi powernya juga naik, oiya final gearnya juga naik, jadi 39 mata,ย  apalagi yang naik ya? harganya juga kali ya, hahaha
  • ada port charger buat ngecas hape, nah ini yang bagus,[ sebenernya honda bukan yang pertama sih, kan sebelumnya ada tvs rockz]ย  tempatnya di bagasi, dibawah jok, baguslah, mengingat jaman sekarang kan kebutuhan informasi melalui gadget udah jadi kebutuhan yang primer juga, malah ada pameo kebutuhan primer itu sandang,pangan casan, :mrgreen: jadi bisa ngecas dimana aja tanpa khawatir lowbatt, misal lagi turing. eh tapi koq port nya kayak colokan pemantik api yang dimobil yah? kenapa gak sekalian USB gitu, biar lebih praktis, mengingat sekarang charger gadget itu rata rata semuanya bisa terpisah menjadi kabel data, ahh tapi enginer AHM udah mateng mikirin kenapa portnya kayak gitu dan udah dihitung dari sisi untung rugi serta keamanan, [padahal mah tetep keren kalo usb :p ]
  • Port Charger

    Port Charger

  • cantelan barang model baru, bisa dilipet dan ada penutup nya, yah bentuknya kayak cantelan yang banyak di aksesoris-aksesoris gitu yang ada tutupnya, tapi ini bisa dilipet, keren sih tapii… tapi kenapa bahannya plastik, dan beban max loadnya cuma 1 kg. ah elaahh kadang ni motor kan dipake kepasar juga, meskipun sekarang ibu ibu udah ada metik, tapi tetep aja, kadang jumlah belanjaan kan lebig dari sekilo, ke alfa beli rinso, softener,, mie dll kan pasti lebih dari sekilo,ย  ya gak? buat ahm ganti yah pake yang logam, biar kapasitasnya naik, okeh, hehe
  • Cantelan barang

    Cantelan barang

  • rem cakram model baru, baik depan maupun belakang, dai yang sebelumnya 2 piston jadi yang cuma satu piston, koq jadi satu? iya sih, jadi cuma satu tapi jadi lebih pakem cuyy, gak percaya? cobain deh, jauh lebih pakem daripada supra yang biasanya rem nya ngeblong itu, hahaha. toh satria juga cuma 1 piston yang yg belakng, tapi pakem kan? eh mio juga, :p
  • IMG_2541
  • swing arm model kotak, ini sih seharusnya dah dari dulu yak, smah aja udah kotak koq :p bukan yang model penyet lagi :p
  • speedometer lebih bagus, modern gitu deh tapi sayang, kenapa gak digital lagi… malah jadi analog semua [ jadi gak bisa dipasang speedo NVL lagi donk, #ehh :mrgreen: ], padahal keren kalo digital, atau malah fitur digitalya ditambah misal kalo baru nyala muncul tulisan “HI MBlO….” wkwkwkwk
  • IMG_2488

apa lagi yakk? kalo yang tak lihat sih itu yang kelihatan sama kemarin yang tak dengerin waktu presentasi, gimana rasanya, nanti aja ya, biar gak kepanjangan, okehhh

item item gini ganteng juga yak 8-)

item item gini ganteng juga yak ๐Ÿ˜Ž