mebuat nasi liwet menggunakan rice cooker

nasi liwet…….???
hmmm…. itu adalah salah satu varian nasi yg nikmat, d beberapa daerah banyak versinya, misalnya saja nasi liwet versi jawa tentu berbeda dengan nasi liwet versi sunda
kalo versi jawa pake santan, lauknya juga beda, pake ayam suwir, santen labu, dan sebagainya
kalo nasi liwet sunda gak pake santen, cuma pake minyak, bawang, cabe rawit, dimasak pake katel dengan api kecil
lauknya juga biasanya hanya goreng-gorengan bisa ayam, ikan, tempe, sama lalapan

nah, kita coba buat nasi liwet versi sunda dengan cara sederhana yukk
ga punya katel? ga usah khawatir, kita buat menggunakan rice cooker, seperti yang saya buat ini, saya buatnya di kantor, buat makan siang rame-rame, kebetulan ada rice cooker d kantor, jadi kalo makan siang cukup beli lauknya aja, nasi kan ‘ngaliwet sendiri’ biar hemat a.k.a ngirit di jaman susah ini, hahaha
yukksss

bahan-bahan
– beras
– air
– cabe rawit
– bawang merah
– garam
– daun salam
– batang sereh
– minyak goreng/mentega
– daun bawang
– penyedap rasa, royco, masako, atau yang lain (bila suka)

cara membuat:
1. bawang merah dan potong daun bawang dengan kira-kira oanjang 1 cm
2. potong juga cabe rawit, bila tidak suka pedas cukup d tabur aja gelondongan
3. cuci bersih beras, masukan air, kedalam rice cooker, sama aja kaya mau masak nasi biasa, masukan bawang merah dan daun bawang yang udah dipotong-potong, cabe rawit, se sendok minyak goreng (atau mentega bila suka *kalo mentega ya yang banyak, wkwkwkw), sedikit garam, daun salam, batang sereh (geprek dulu biar aromanya keluar)
4. ceklekin rice cooker ke mode ‘cook’, tunggu sampe mateng,
5. taraaaa nasi liwetnya udah jadi, aroma sereh dan daun salamnya hmmmmmmm

WhatsApp Image 2017-07-28 at 9.53.17 AM

hmmmmm, wanginya bikin laperrr, o a o e

selanjutnya, ya tinggal kita cari lauknya, kalo ini mah suka-suka ya, terserah mau apa, ikan goreng, ayam goreng, sayur,  atau apalahh
jangan lupa sambel sama lalapannya yaa, ga afdhol rasanya makan tanpa sambel dan alalpan kalo kata orang sunda mah
hahaha

20293150_10203534114989305_200613838008471345_n

ini d kantor lohh, enak kan kantor saya, wwkwkwkw

note:
untuk yang pengen pake ikan asin, cukup tambahkan ikan asin (peda) goreng d atas nasinya saat nasi sudah mau mateng tapi belum mateng, duhh, apa ya bahasanya, ya pokoknya gitu deh, wkwkwkw