sambel tutug oncom tasikmalaya

belajar masak yukkk, yahh itung itung berbagi informasi bagi yang belum tau, atau berbagi resep,? gak papa kan… biar ada warnanya ini blog, gak melulu motor hehe

nah belajar bikin tutug oncom yukk, bagi yang belum tau tutug oncom itu apa, tak jelasin dikit ya berdasar sepengetahuan saya..

Tutug Oncom itu adalah makanan [khas] dari tasikmalaya, umumnya makanan ini dikenal di wilayah priangan timur [ tasik, banjar ciamis] bahan dasarnya yaitu Oncom, nah aslinya tutug oncom itu dicampur nasi, diaduk, jadi deh namanya nasi tutug oncom.

nasi tutug oncom

nasi tutug oncom

apa aja bahan-bahannya,dan bagaimana cara membuatnya? cekidot

  1. Oncom [ bisa Oncom bandung (kacang tanah) maupun Oncom biasa ( ampas tahu, tempe gembus/mbus/menjes *jawa ) tapi paling enak sih emang pake Oncom bandung yang bahan dasarnya kacang tanah
  2. bawang merah
  3. bawang putih
  4. kemiri
  5. kencur / cikur
  6. cabe rawit [ cabe merah juga bisa atau cabe keriting, yang penting pedas, hehe ]
  7. garam
  8. sedikit daun bawang
  9. minyak untuk menggoreng
  10. terasi
  11. penyedap rasa jika perlu
    untuk takarannya disesuaikan saja lah, sekira kiranya berapa, hehehe:mrgreen:

Oncom

cara memasak :

  1. potong oncom menjadi beberapa bagian, yahh anggap aja kaya mau goreng tempe,
  2. goreng oncom sampai kira-kira setengah atau 3/4 matang, angkat dan tiriskan
  3. haluskan semua bumbu [kecuali daun bawang] [ goreng dulu biar gampang nguleknya ]
  4. ulek kasar oncom yang tadi digoreng, jangan terlalu halus biar masih ada tekstur oncomnya
  5. tumis bumbu yang tadi dihaluskan, masukan juga oncom yang tadi di ulek, masukan juga daun bawang yang sudah diiris kecil-kecil
  6. tambahkan penyedap rasa jika suka,
  7. aduk aduk sampai matang,

nah sambel tutug oncom ini bisa dicampur dengan nasi [diaduk] atau juga sebagai pelengkap seperti sambel pada umumnya.  sajikan dengan lalapan [mentimun, leunca, kol, daun kemangi atau apalah yang disuka dan yang ada:mrgreen: ] kalo kurang pedas, bisa ditambah lagi dengan sambel terasi atau sambel korek. paling enak sih makan tutug oncom dengan mendoan atau goreng tempe, lalapan leunca dan sambel korek, hmmm josss…..

selamat menikmati

baca juga : https://at0zz.wordpress.com/2012/07/12/nyobain-nasi-tutug-oncom-to-tasikmalaya/

tutug oncom dadaha

tutug oncom dadaha

 

 

8 responses to “sambel tutug oncom tasikmalaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s